Jumat, 10 Mei 2013

8-5-1984: Uni Soviet Boikot Olimpiade di AS

Pembukaan Olimpiade Los Angeles 1984

Pada 29 tahun yang lalu, Uni Soviet menyatakan tidak berpartisipasi dalam Pesta Olahraga Olimpiade 1984 di Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Boikot ini menandakan pesta olahraga itu sudah masuk pusaran konflik politik antara AS dan Soviet selama Perang Dingin.

Menurut stasiun televisi BBC, pernyataan boikot dilontarkan Soviet 12 pekan sebelum pesta pembukaan ajang olah raga bergengsi sedunia itu. Melalui siaran televisi, pemerintah Soviet--yang sejak 1991 bubar dan kembali menjadi Rusia--beralasan bahwa Olimpiade sudah menjadi ajang komersialisasi.

Selain itu, AS sebagai tuan ruman kurang memberi keamanan yang memadai bagi para atlet manca negara. Dua faktor itulah, menurut Soviet, merupakan pelanggaran bagi Piagam Olimpiade.

Sikap Soviet diikuti oleh hampir semua negara sekutunya di Eropa Timur--kecuali Rumania--dan Kuba. Jadi 14 negara absen dalam Olimpiade 1984.

Namun, kalangan pengamat menilai bahwa pemboikotan Soviet itu merupakan balasan atas ketidakikutsertaan AS dan lebih dari 60 negara lain saat negara komunis itu menjadi tuan rumah Olimpiade di Moskow 1980. Saat itu, AS sengaja absen sebagai protes atas invasi Soviet ke Afganistan.

sumber : vivanews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...