Jumat, 07 Juni 2013

Lintah Raksasa Berwarna Merah Ditemukan di Australia


Bumi memang belum sepenuhnya dieksplorasi oleh manusia. Hal ini terbukti dengan banyaknya spesies-spesies baru yang ditemukan tiap harinya.

Seperti yang dilansir oleh Cleveland Leader (31/5), lintah satu ini contohnya. Dari warnanya saja kita pasti baru tahu bahwa ada spesies baru dari keluarga moluska dengan warna merah menyala.

Diketahui, lintah ini memiliki panjang 20,3 cm. Seluruh tubuhnya pun unik karena ditutupi oleh warna merah pekat seperti habis disiram cat.

Para peneliti sendiri percaya bahwa lintah ini merupakan spesies yang mampu bertahan dari ganasnya iklim Australia. Diyakini, warna ini didapatkan setelah bagian timur Australia yang dulu adalah hutan hujan yang kini menjadi gurun pasir.

Kemudian, dengan bantuan letusan gunung berapi jutaan tahun lalu, gurun ini menjadi tempat terisolasi bagi para hewan tak bertulang belakang dan beberapa tumbuhan. Dengan begitu, kemudian spesies aneh ini mampu bertahan hidup hingga sekarang.

Lintah ini sendiri hidup di atas pohon dengan memakan jamur dan lumut. Tubuh merah ini pun menjadi pelindung mereka karena habitatnya yang sering berada di daun pohon eukaliptus berwarna merah.

sumber : liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...