Jumat, 17 Mei 2013

Kontroversi penghargaan jurnalis Hamas


Museum interaktif khusus berita dan jurnalis di Negara Bagian Washington D.C, Amerika Serikat, Newseum, memutuskan untuk tetap memberi penghargaan kehormatan untuk dua orang wartawan Hamas tewas saat meliput serangan udara Israel ke Palestina November 2012. Ini mendapat kritikan dari pihak konservatif pro-Israel.

surat kabar the Huffington Post melaporkan, Sabtu (11/5), museum itu akan menambahkan nama Hussam Salama dan Mahmud al-Kumi dua juru kamera bekerja di stasiun televisi Hamas Al-Aqsa di daftar jurnalis patut dikenang bersama 82 wartawan lain meninggal sepanjang tahun lalu.

Salama dan Kumi menjadi sasaran roket Israel dan mereka tewas saat merekam kondisi di wilayah al-Shifaa, Jalur Gaza.

Hukum internasional melindungi Jurnalis dalam konflik militer, siapapun mereka, dan dari mana berasal. Saat di daerah perang awak media menandai kendaraan mereka agar tidak menjadi sasaran. Begitu pula dengan kendaraan stasiun televisi Al-Aqsa.

"Museum kami mencatat nama jurnalis meninggal atau terbunuh saat melaporkan berita. Untuk bisa tercatat di monumen seseorang harus menjadi kontributor berita, dan berhubungan dengan kerja kewartawanan," ujar juru bicara Newseum.

Kepala bidang koresponden asing stasiun televisi NBC Richard Engel bakal memberikan kata sambutan pada anugerah penghargaan itu menolak untuk berkomentar soal itu. Dia memilih menghormati keputusan Newseum.

Hamas telah dicap kelompok teroris oleh pemerintah Amerika dan keputusan untuk memberi penghargaan pada jurnalis dari organisasi ini ditentang keras oleh kalangan konservatif dan beberapa media tidak setuju dengan keputusan tersebut.

Majalah mingguan the Weekly Standard menuliskan dalam laporannya Newseum menambahkan dua teroris dalam daftar jurnalis tewas. Sementara surat kabar Washington Examiner sengit dengan mengatakan Newseum telah menghina profesi jurnalis dengan memasukkan nama kedua wartawan al-Aqsa itu.

Direktur Eksekutif Lembaga Nasional Yahudi untuk Demokrasi mengatakan Newseum telah membuat kesalahan dan dia berharap keputusan itu dapat berubah.

Pihak Newseum dalam pernyataan mereka kemarin mengatakan tidak ada kesalahan. Pelbagai organisasi kewartawanan seperti Reporters without Borders, Asosiasi Media cetak dan Surat Kabar Dunia, menunjukkan Salama dan Kumi jurnalis tewas dalam tugas. Organisasi hak asasi Human Right Watch juga bilang dua juru kamera televisi Al-Aqsa ini tidak seharusnya menjadi target roket Negeri Bintang Daud.

"Media terbelah menjadi dua kubu, memuji Hamas, dan memuji Israel, namun menjadikan mereka sasaran dalam peristiwa perang adalah pelanggaran," ujar juru bicara Human Rights Watch.

Israel membenarkan membunuh keduanya lantaran mengklaim mereka mata-mata berkedok Jurnalis. Namun wartawan lain menantang pemerintah Negeri Zionis untuk membuktikan hal itu. Bahkan Israel juga menyerang fasilitas media di Jalur Gaza.

Newseum menambahkan setiap pemerintah dari negara bertikai dan sekutunya untuk tetap menghormati hukum internasional. Jurnalis tetap jurnalis. Newseum tidak bergeming dan tetap memberikan penghargaan layak bagi wartawan Hamas Salama dan Kumi.

sumber : merdeka.com

1 komentar:

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com


    bosku minat daftar langsung aja bosku^^

    BalasHapus

Baca Juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...